Hari Film Nasional ke-66

Film pertama yang ada di Indonesia adalah film Loetoeng Kasaroeng yang di buat oleh sutradara Belanda pada tahun 1926. 30 maret 1950 ditetapkan sebagai hari film nasional di Indonesia karena pada hari itu adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa yang di sutradarai oleh Usman Ismail, asli orang Indonesia.

Untuk memperingati hari film nasional, Pusat Pengembangan Film kemendikbud berkunjung kesekolah kesekolah, memberikan kegiatan Kelas Inspirasi Sinema yang melibatkan sineas sineas Indonesia,  salah satu sekolah yang dikunjungi adalah SMKN 26 Jakarta. Dalam acara tersebut kami melakukan sharing tentang dunia perfilman Indonesia. Bersama Kak Edwin Nizar selaku Produser film dan Kak Adrianto Sinaga selaku Production Designer. Mereka  menuturkan bahwa film adalah media cerita yang kuat dan film adalah bidang seni yang sangat luas.

Sedikit informasi berharga  yang kami dapat dari sineas sineas yang hadir ke SMKN 26 Jakarta. Kali ini informasi tentang tahapan dalam pembuatan sebuah film.
Wawanacara Kami Bersama Sineas Sineas


Tahap tahap dalam pembuatan film terbagi menajdi tiga bagian yaitu pra produksi dimana Penulis, Sutradara, dan Produser melakukan pertemaun untuk merancang konsep film dari awal sampai akhir pembuatan film.  cerita, skenario, crew, lokasi produksi film,alat alat yang dibutuhkan, properti yang digunakan hingga tempat untuk mengambil gambar. Dalam tahap pra produksi ini estimasi biaya juga dilakukan. Tahap ini sangat berperan penting dalam pembuatan sebuah film. Tahap kedua adalah produksi dimana pengambilan gambar dilakukan tahap ini tidak kalah pentingnya karena tahap ini adalah tahap pengambilan gambar yang akan dijadikan sebuah film. Sutradara produser, crew, dan actor harus bekerjasama dengan baik. Tahap terakhir adalah tahap pra produksi dimana film akan di edit, dari pengambilan gambar, efek suara suara dan banyak lainnya.

Dalam pembuatan film, tema film dan cerita yang menentukan menarik tidaknya sebuah film, tentunya dengan didukung oleh aktor aktor yang berperan dalam film tersebut.


Selamat Hari Film Nasional ke-66! Hargailah Karya Bangsa, dan Stop Pembajakan!
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment