Si ‘Sound Maker’

Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyi lain melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Perkembangan beatbox di Indonesia sudah tersebar luas. Sudah banyak komunitas-komunitas beatbox seperti IndoBeatbox dan juga banyak di berbagai sekolah, salah satunya di SMKN 26 Pembangunan Jakarta terdapat ekskul Detox.

Detox merupakan salah satu ekstrakurikuler baru di SMKN 26 Pembangunan Jakarta. Nama Detox ini merupakan singkatan dari Dua Enam Beatbox. Ekskul ini didirikan oleh beberapa siswa di SMKN 26 yaitu Junior Andresi, Iqbal Triadi, Yodo dan Wildan. Terbentuk di dalam sekolah dan didirikan pada tanggal 13 Desember 2013 yang diresmikan sebagai ekstrakurikuler pada bulan Agustus 2015.

Sebelum Detox berdiri sebagai ekstrakurikuler, Detox bergabung dengan ekstrakurikuler Band. Karena sebagian siswa yang bergabung  sudah bisa dan memiliki hobi beatbox, maka mereka memutuskan untuk mendirikan ekskul sendiri. Ekskul yang biasa melakukan kegiatan di pendopo DPR SMKN 26 pada hari Senin dan Kamis, terkadang melakukan kegiatan di luar jam sekolah pada hari sabtu.

Untuk menguji kemampuan dan  menambah pengalaman, ekskul ini pernah mengikuti lomba di SMKN 48 yang diselenggarakan oleh Yamaha. Untuk menambah ilmunya pula, ekskul ini juga berkumpul bersama komunitas lain yaitu East Beatbox, komunitas beatbox Jakarta Timur. Disaat mereka berkumpul, biasanya mereka menonton video beatbox di youtube sembari berbagi ilmu mengenai teknik bermain beatbox.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment